Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet

Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet

Jumat, 02 Jul 2021

Motifnya yang beragam dan cara pemasangannya yang cukup mudah membuat banyak orang memilih menggunakan wallpaper dinding. Tidak hanya untuk mempercantik ruangan, wallpaper dinding juga bisa bertahan hingga 10 tahun. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara merawat wallpaper dinding dengan benar.

Memberikan perawatan yang tepat pada wallpaper dinding akan membuatnya lebih awet dan tetap terjaga keindahannya hingga puluhan tahun. Apabila wallpaper ini dirawat secara asal-asalan akan membuat dinding rumah terlihat kusam dan penampilan interior ruangan menjadi terganggu. Lalu bagaimana cara merawat wallpaper dinding yang tepat? Simak tipsnya berikut ini.

1. Perhatikan Proses Pemasangannya

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum merawat wallpaper adalah proses pemasangannya. Meskipun dalam proses pemasangan wallpaper terlihat cukup mudah, ada baiknya Anda serahkan proses ini kepada ahlinya.

Termasuk saat Anda membeli wallpaper, bisa meminta bantuan kepada penjual wallpaper tersebut. Selain itu, banyak penjual wallpaper dinding yang juga menyediakan jasa pemasangan wallpaper, terutama untuk dinding yang minimalis karena pengerjaanya lebih mudah. Dengan dibantu oleh ahlinya dalam pemasangan wallpaper dinding, hal ini agar wallpaper dinding tidak robek saat dipasang dan kondisinya tetap bagus.

2. Hindari Memasang Wallpaper pada Dinding yang Lembab

Sebelum memasang wallpaper, cek terlebih dahulu kondisi tembok rumah Anda. Tembok dengan kondisi lembab kurang baik apabila dipasangi wallpaper dinding. Karena tembok yang lembab akan membuat wallpaper lebih cepat rusak dan berjamur saat dipasang. Apabila tembok rumah Anda memiliki kelembaban yang tinggi sebaiknya akali dengan cara memberikan cat khusus pada permukaan dinding yang lembab.

Kemudian, sebelum pemasangan bersihkan dulu permukaan dinding dari kotoran, debu, atau lapisan cat. Untuk dinding yang baru, pastikan terlebih dahulu dinding dalam keadaan benar-benar kering sebelum pemasangan. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemasangan dengan benar sebelum melakukan pemasangan wallpaper dinding agar lebih maksimal hasilnya.

3. Perhatikan Proses Perekatannya

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah proses perekatan wallpaper dinding dengan benar. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk memperhatikan kondisi dinding rumah Anda.

Proses pengeleman wallpaper dinding tidak boleh sembarangan agar lebih merata dan tidak meninggalkan celah. Jika tidak, wallpaper dinding bisa tidak rapi dan bahkan menggelembung. Hal ini tentu akan membuat keindahan wallpaper menjadi kurang dan lebih cepat rusak. Sementara itu, jika Anda ingin mengganti wallpaper dengan yang baru, sebaiknya jangan ditumpuk. Anda harus melepas wallpaper yang lama dan menggantinya dengan yang baru.

Dalam hal ini harga sangat menentukan kualitas wallpaper dinding yang Anda beli. Harga wallpaper dinding yang murah biasanya memiliki kualitas yang kurang baik untuk dinding Anda. Namun banyak juga wallpaper dinding murah yang menawarkan kualitas baik apabila Anda cermat dalam memilihnya.

4. Bersihkan Wallpaper secara Rutin

Walaupun tak terlihat, debu tetap bisa menempel pada permukaan dinding rumah Anda. Jika dibiarkan terlalu lama dan menumpuk, debu bisa memberikan efek kurang baik bagi penghuninya. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan debu-debu secara rutin dengan menggunakan kemoceng, vacuum cleaner atau kain yang lembut agar permukaan dinding tidak tergores dan rusak nantinya.

5. Gunakan Sikat Berbulu Halus untuk Noda yang Membandel

Jika saat membersihkan wallpaper dinding dengan kain lembut hasilnya kurang maksimal. Maka, gunakan sikat yang mempunyai bulu lembut guna membersihkan noda membandel tersebut. Sikat permukaan wallpaper dinding dengan lembut perlahan dan usahakan tidak sampai robek dan rusak.

6. Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Noda

Apabila wallpaper Anda tidak sengaja terkena noda, jangan panik. Bersihkan segera noda tersebut dengan perasan jeruk nipis yang dicampur air hangat. Namun, cara membersihkannya jangan sembarangan. Gunakan spons yang lembut atau tisu basah. Sebaiknya jangan membuatnya terlalu basah, cukup sedikit lembab agar tidak merusak wallpaper.

7. Gunakan Vacuum Cleaner untuk Wallpaper Kain

Cara merawat wallpaper dinding berbahan kain sebenarnya sama dengan cara membersihkan sofa atau karpet, yakni dengan cara menggunakan vacuum cleaner. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sikat dengan bulu yang halus untuk membersihkannya. Noda yang sulit dibersihkan dapat diatasi dengan cara disikat. Lalu, tambahkan sedikit air hangat agar kotoran mudah terangkat. Jika noda masih menempel, mungkin noda tersebut mengandung minyak., cobalah dengan cara mencampur air hangat dengan sedikit sabun. Sikat dengan lembut agar tidak merusak permukaan wallpaper atau membuat serat-seratnya tercabut.

Nah, sekarang Anda jadi tahu bagaimana cara merawat wallpaper dinding agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

Temukan berbagai corak wallpaper berkualitas untuk hunian Anda di Big Interior. Kami, menjual aneka wallpaper yang cocok untuk beragam desain interior.

Artikel Terkait

Cara Memasang Wallpaper Dinding Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang bisa dipasangi...

Cara Membersihkan Roller Blind Agar Awet

Roller blind yang terpasang untuk jendela rumah dan kantor p...

Tips Memilih Kipas Angin Plafon

Kipas angin menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi hawa pan...

Tips Menghias Interior Rumah Saat Lebaran

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masya...

Tips Memilih Lantai Vinyl Berkualitas untuk Rumah Anda

Lantai vinyl merupakan pilihan populer dalam dunia desain in...

Raih Kenyamanan di setiap Sudut Ruangan Anda. 
Temukan Solusi interior Terbaik Bersama Kami!

Footer CTA Title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Marketplace Online
Kategori Populer Pencarian Populer
Send Message