Cara Memasang Wallpaper Dinding Kamar Mandi

Cara Memasang Wallpaper Dinding Kamar Mandi

Selasa, 24 Mei 2022
Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang bisa dipasangi wallpaper dinding. Pemilihan wallpaper dinding yang sesuai akan membuat ruang kamar mandi lebih bagus dan menarik. Tentu saja pemasangan wallpaper dinding di kamar mandi haruslah tepat agar bisa lebih tahan lama. Jika Anda ingin memasang wallpaper dinding di kamar mandi, perhatikan cara pemasangannya sebagai berikut.

1. Siapkan alat dan bahan untuk memasang wallpaper

Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang wallpaper di kamar mandi. Alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah wallpaper, cutter, tangga, alas plastik, meteran, roller, amplas, kuas lem, spons, benang dengan pemberat, ember untuk adukan lem, dan kape untuk meratakan dinding.

2. Carilah permukaan dinding yang rata

Selanjutnya, carilah permukaan dinding kamar mandi yang rata. Ini adalah syarat utama dalam pemasangan wallpaper agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Selain itu, pastikan juga dinding kamar mandi sudah bersih dari wallpaper sebelumnya (tidak bergelombang, rata, bersih dari debu, tidak ada noda minyak). Jika ada gantungan dinding, sebaiknya lepas dahulu agar tidak menghalangi proses pemasangan wallpaper dinding.

3. Tentukan titik awal penempelan wallpaper

Sebelum memasang wallpaper, tentukan lebih dulu titik awal penempelannya. Khusus untuk kamar mandi, jangan mulai memasang wallpaper dari bagian dinding belakang toilet karena akan sangat sulit dan butuh tenaga ekstra. Hindari bagian tersebut dan cari sisi lain kamar mandi.

Memasang wallpaper kamar mandi tidak bisa dilakukan hingga bagian paling bawah dinding dekat lantai. Pasanglah wallpaper di bagian dinding yang lebih tinggi beberapa meter dari permukaan lantai. Hal ini dilakukan agar wallpaper tidak mudah rusak terkena air. Namun, jika kamar mandi Anda tipe kering maka bisa dipasang wallpaper di seluruh bagian dinding.

4. Ukurlah luas area dinding kamar mandi

Langkah berikutnya, ukurlah luas area dinding kamar mandi yang ingin dipasangi wallpaper. Jangan lupa catat ukuran yang sudah didapat. Kemudian, potong gulungan wallpaper sesuai dengan ukuran permukaan dinding. Pastikan Anda memberi tanda pada area dinding agar memudahkan pemasangan.

5. Mulai memasang wallpaper

Setelah mengukur area dinding, Anda bisa mulai mengoleskan lem ke wallpaper. Oleskan lem pada seluruh area wallpaper agar bisa menempel dengan sempurna. Kemudian, rekatkan wallpaper ke dinding dengan hati-hati dan jangan sampai miring.

Selain itu, pastikan tidak tidak ada lem yang mengering atau lebihan lem di sisi sambungan wallpaper. Bersihkan dengan spons lembab jika ada lem yang berlebihan atau mengering.

Itulah ulasan tentang cara memasang wallpaper di kamar mandi. Semoga bermanfaat!

Selain memperhatikan cara pemasangan, Anda juga harus memilih wallpaper yang berkualitas. Temukan pilihan wallpaper dinding terbaik di BiG Interior, pusat penyedia produk interior kualitas terjamin dengan harga bersahabat. Tersedia juga berbagai window blinds, kasa nyamuk, dan partisi.

Artikel Terkait

Cara Memasang Lantai Vinyl dengan Benar

Sebagian orang mungkin terbiasa dengan jenis lantai keramik ...

Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet

Motifnya yang beragam dan cara pemasangannya yang cukup muda...

Cara Memasang Kasa Nyamuk Magnet Pada Jendela

Kasa nyamuk magnet adalah solusi yang praktis untuk melindun...

Cara Membersihkan Roller Blind Agar Awet

Roller blind yang terpasang untuk jendela rumah dan kantor p...

Cara Merawat dan Membersihkan Venetian Blind dengan Benar

Venetian blind, juga dikenal sebagai tirai horizontal, adala...

Raih Kenyamanan di setiap Sudut Ruangan Anda. 
Temukan Solusi interior Terbaik Bersama Kami!

Footer CTA Title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Marketplace Online
Kategori Populer Pencarian Populer
Send Message