Tips Memilih Kipas Angin Plafon

Tips Memilih Kipas Angin Plafon

Rabu, 15 Des 2021
Kipas angin menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi hawa panas dalam ruangan. Apalagi kipas angin lebih hemat listrik dibandingkan AC. Salah satu cara untuk membuat rumah tetap sejuk meski di musim panas adalah dengan memasang kipas angin plafon (ceiling fan).

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang kipas angin plafon. Berikut ini ulasan tentang tips memilih kipas angin plafon.

Perhatikan ukuran ruangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih kipas angin plafon adalah ukuran ruangan. Ukuran kipas angin tersedia dengan berbagai pilihan mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Ukuran ruangan besar tentunya membutuhkan kipas yang lebih besar pula agar sirkulasi udara yang lebih baik. Berikut ini adalah rekomendasi ukuran kipas angin plafon untuk ruangan:
  1. Ruangan kurang dari 4 m= 73 cm
  2. Ruangan kurang dari 7 m= 91 cm
  3. Ruangan kurang dari 9 m= 106 cm
  4. Ruangan kurang dari 20 m= 132 cm
  5. Ruangan kurang dari 37 m= 93 cm
Anda bisa memilih kipas angin berukuran sedang untuk kamar tidur. Jika ukuran ruangan antara 13-20 meter persegi sebaiknya pilih kipas angin plafon berukuran 1-12 meter.

Pastikan kipas angin plafon pilihan Anda memiliki peringkat CFM 1600-4500 agar lebih efisien menyaring udara. Namun, apabila ukuran kamar tidur lebih kecil, kipas angin 1 meter dengan peringkat CFM 1000-3000 sudah cukup.

Sementara itu, ukuran kipas angin untuk ruang keluarga atau ruang tamu adalah 1,27 m dengan peringkat CFM 2300-6500.

Perhatikan ketinggian plafon

Sebelum memilih kipas angin plafon, Anda juga perlu memperhitungkan ketinggian plafon. Guna memberikan sirkulasi yang baik, Setidaknya harus ada jarang 2 meter antara lantai dan bagian bawah kipas.

Jika hunian Anda memiliki plafon yang lebih tinggi, gunakan kipas plafon dengan batang bawah. Namun, jika ukuran plafon lebih rendah maka sebaiknya menggunakan flush yang lebih sesuai.

Pilihlah kipas tanpa suara

Saat memilih kipas angin plafon, suara kipas juga perlu jadi pertimbangan. Pilihlah kipas senyap yang dirancang secara aerodinamis sehingga kipas angin dapat mendinginkan ruangan tanpa menimbulkan suara bising yang berlebihan.

Pertimbangkan daya kipas angin plafon

Selanjutnya, sebelum memilih kipas angin plafon Anda juga perlu mempertimbangkan anggaran dana penggunaan daya. Pilihlah kipas dengan teknologi brushless direct motor current (BLDC) agar penggunaannya lebih hemat listrik. Kipas angin plafon dengan teknologi tersebut dapat mengurangi 50 persen konsumsi daya.

Selain itu, desain kipas angin plafon juga bisa jadi pertimbangan. Saat ini, banyak pilihan kipas angin plafon dengan beragam model mulai dari yang klasik, minimalis, hingga modern.
Big Interior sebagai perusahaan produk interior dan eksterior, menghadirkan ragam pilihan kipas angin plafon MT Edma. Tersedia dengan banyak pilihan ukuran dan model. Sangat cocok untuk berbagai tipe hunian.

Artikel Terkait

Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Kipas Angin Plafon

Kipas angin banyak dipilih sebagai pendingin ruangan karena ...

Tips Memilih Kipas Angin Airfree yang Tepat untuk Ruangan Anda

Kipas angin airfree merupakan pilihan tepat untuk menjaga ke...

Tips Memilih Lantai Vinyl Berkualitas untuk Rumah Anda

Lantai vinyl merupakan pilihan populer dalam dunia desain in...

MT Edma, Kipas Angin Gantung Lampu Hias Modern

Bicara tentang produk interior, tentunya tidak terbatas hany...

Model Kipas Angin Gantung yang Bagus untuk Interior Rumah

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia memberikan suhu p...

Raih Kenyamanan di setiap Sudut Ruangan Anda. 
Temukan Solusi interior Terbaik Bersama Kami!

Footer CTA Title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Marketplace Online
Kategori Populer Pencarian Populer
Send Message